Arbitrage Bot (Mode Moderat)

Apa itu Arbitrage Bot (Mode Moderat)?

“Arbitrage bot (Mode Moderat)” adalah bot resiko-rendah yang mengadopsi strategi hedging, dengan return tahunan sekitar 5% – 50%. Selama periode 15 sept 2020 – 16 sept 2021, total profit sejumlah 28.35%, dan kerugian paling tinggi sebesar 1.28% selama periode ini.
Dengan resiko yang rendah, jika Anda mencari strategi manajemen finansial yang memiliki return lebih tinggi ketimbang Tabungan, Pionex “Arbitrage Bot (Mode Moderat)” adalah pilihan tepat yang Anda cari. 

Bagaimana cara bot menghasilkan keuntungan?

Setelah mempertimbangkan antara resiko dan profit, “Arbitrage Bot (Mode Moderat)”  hanya memilih ETH sebagai koin yang diarbitrasi. 

Bot pertama membeli ETH di pasar Spot sembari membuka posisi short ETH di pasar berjangka dengan jumlah yang sama besar. Dengan metode ini, Bot Arbitrasi dapat menerima profit dari Funding Fee yang dibayarkan kepada pemegang posisi short di pasar berjangka , sembari memiliki portofolio netral di pasar. 

Hedging: Menjaga resiko portofolio Anda

Hedging adalah strategi untuk menghindari potensi kerugian atau keuntungan dari suatu produk investasi yang mungkin terjadi. Seorang Hedger akan menjual koin mereka di pasar berjangka untuk mengunci profit saat ini guna menghindari potensi kerugian dari fluktuasi harga. 

Pionex Arbitrage Bot mengadopsi strategi ini.

Katakan kita memiliki 10,000 USDC di spot-future arbitrage bot (mode moderat), dimana harga ETH saat ini 4000 USD :
1. Bot akan membeli 2.5 ETH di pasar spot , kemudian membuka posisi short sebesar 2.5 ETH di pasar berjangka senilai 10,000.

2. Karena Anda memasang posisi short di pasar berjangka, total aset anda di pasar berjangka dan pasar spot akan tetap sama berapapun harga ETH 

Ketika anda menutup bot : 

  • Jika harga ETH naik hingga 10,000 USD/ETH, Anda akan mendapatkan 1 ETH setelah menutup posisi short, dan setelah menjualnya di pasar spot, anda akan mendapatkan 10,000 USDC anda dengan aman.
  • Jika harga ETH turun hingga 400 USD/ETH, Anda akan mendapatkan 25 ETH setelah menutup posisi short di pasar berjangka. Setelah menjual 25 ETH di pasar spot, anda akan mendapatkan 10,000 USDC anda kembali. 

Tapi nilai investasi saya selalu 10,000 USDC, bagaimana saya bisa profit ? 

Funding fee: Profit Arbitrasi Anda

Kontrak perpetual secara umum ditawarkan oleh bursa kripto derivative, yang didesain serupa dengan kontrak berjangka pada pasar tradisional. 

Hal terpenting yang membedakan kontrak pasar tradisional dan kontrak perpetual adalah kontrak perpetual tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Karena kontrak perpetual pasar berjangka tidak pernah selesai, Bursa memperkenalkan funding fee untuk memastikan harga di pasar berjangka dan harga index akan bertemu dalam basis yang regular. Fungind fee adalah pembayaran periodic (dilakukan setiap 8 jam pada UTC+0 0:00, 8:00, dan 16:00) baik kepada traders yang memiliki posisi long atau short berdasarkan perbedaan harga di pasar berjangka dan di pasar spot. 

  • Ketika harga kontrak perpetual lebih tinggi dari harga spot, funding fee akan bernilai positif. Sehingga, trader yang memiliki posisi long harus mmebayar trader yang memiliki posisi short 
  • Sebaliknya, jika harga kontrak perpetual dibawah harga spot, funding fee akan negatif. Sehingga trader yang memiliki posisi short harus mmebayar trader yang memiliki posisi long 
  • Jika harga di kedua pasar sangat tipis, pemegang posisi long akan membayar ke pemegang posisi short, tetap sebesar 0.03% sehari. Funding rate akan menjadi 0.01%. 

Funding fee inilah yan gmenjadi profit untuk Pionex Arbitrage Bot. Funding fee akan diberikan ke akun Anda setiap 8 jam jika anda memiliki kontrak short di pasar berjangka.

Mengacu kepada data historis dari Funding Fee ETH di Binance, pemegang posisi short hampir selalu menerima funding fee yang dibayar oleh pemegang long. Pada periode 15-sept-2020 hingga 16-sept-2021, 90% funding fee positif, dan maksimal kerugian yang diakibatkan oleh funding fee negatif hanya 1.28% selama satu tahun tersebut. 

Selain itu, ketika harga naik, funding fee akan sangat tinggi, dan profit disetahunkannya dapat mencapai 100% dalam sekali pembayaran. 

Dengan contoh 10,000 USDC tersebut, jika funding fee setiap kalinya adalah 0.05%, profit arbitrasenya akan sebesar 15 USD sehari, dan total profit setahunnya mencapai 5,470 USDC dalam jangka waktu setahun. 

Mengapa anda butuh bot untuk arbitrasi ?

1. Mudah digunakan: Arbitrase dalam satu sentuhan. Isi jumlah investasi dan kemudian klik “buat” untuk memulai sekarang.

2. Penyelesaian otomatis: Setelah menerima funding fee, bot akan secara otomatis menyelesaikannya dengan menambahkan posisi short. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan profit compounding dengan penyelesaian otomatis.

3. Dijamin: Investasi Anda dilindungi oleh program SAFU dalam kondisi pasar yang ekstrim.

4. Efisiensi tinggi: Pionex hanya mengenakan biaya 0,05% untuk spot, yang jauh lebih rendah daripada kebanyakan exchange lain. Selain itu, dibandingkan dengan arbitrase manual, bot dapat membeli spot dan membuka posisi short secara bersamaan, menghindari peningkatan gap harga yang disebabkan oleh perbedaan waktu antara beli dan jual.

Pionex Arbitrage bot(Mode Moderat)

Bagaimana memulai bot arbitrasi?

Langkah 1. Setelah menginstall aplikasi Pionex, klik “Earn”, kemudian “Arbitrage”, lalu “Buat” 

Langkah 2. Pilih “Arbitrage” lalu klik  “Moderate mode”.

Langkah 3. Masukkan jumlah Investasi, kemudian klik “Buat”. 

Advanced: Merubah Koin Investasi 

“Arbitrage bot (Mode Moderat)” mendukung penggunaan USDT, USDC, dan BUSD. Klik kotak pilihan dan masukkan koin yang ingin digunakan.

Penjelasan detail parameter 

Setelah membuat bot, akan ada 9 parameter yang ditampilkan di halaman depan. Klik “Detail” untuk melihat informasi lebih lanjut : 

  • Investasi : Jumlah investasi
  • Profit Arbitrasi : Total funding fee yang sudah Anda terima
  • Unrealized Profit : Menampilkan perbedaan harga futures dan spot. Angka ini relatif stabil , fluktuasi tidak lebih dari ±1% dari investasi Anda.
  • Biaya : Biaya pembukaan 
  • Total Profit :  Profit aktual yang akan anda dapatkan jika Anda menutup bot sekarang
  • Hariini/7D/History APR: Profit disetahunkan untuk periode 1 hari/ 7 hari/ total profit arbitrasi 
  • Funding Fee selanjutnya : Real-time nilai funding fee terkini. Nilai profit arbitrasi bergantung dari funding fee ketika waktu pembayaran, yang mana dapat berbeda dengan nilai saat ini . 
  • Lainnya: Menambah atau menarik investasi kapanpun anda inginkan.

Apa saja resiko menggunakan Bot Arbitrasi?

Arbitrage bot (Mode Moderat) mengadopsi strategi arbitrasi dengan resiko yang sangat rendah. Resiko yang mungkin terjadi adalah Auto-deleverage posisi di pasar berjangka , dan bot gagal menjual ETH di pasar spot tepat waktu.

Namun demikian, kemungkinan terjadinya resiko ini sangat rendah. Pertama, Auto-deleverage hanya akan terjadi ketika terjadi perubahan harga tiba-tiba di ETH. Selain itu, arbitrage bot (Mode moderat) tidak menggunakan leverage, sehingga posisi short ditempatkan sebagai prioritas terbawah Auto-Deleverage.

Apa perbedaan “Mode Moderat” dan “Mode Agresif” ? 

  • Mendukung penghasilan dengan koin stabil yang teregulasi: “Mode moderat” mendukung penghasilan dengan USDT, USDC, dan BUSD, sementara “Mode agresif” hanya mendukung investasi dengan USDT.
  • Tingkat pemanfaatan dana 100%: “Mode moderat” memiliki tingkat pemanfaatan dana 100%, sedangkan tingkat “Mode agresif” mencapai puncaknya pada 75% (dengan leverage 3x).
  • Risiko lebih rendah: Strategi “Mode Moderat” yang diadopsi tidak diungkit dan tidak akan pernah memiliki kemungkinan likuidasi. Namun, “Mode agresif” mempertahankan posisi short dengan leverage 1-3 kali.
  • Tidak ada biaya tambahan selama menjalankan: Karena posisi “mode Moderat” tidak menggunakan leverage, bot arbitrase tidak perlu melakukan auto-deleverage untuk mengurangi risiko likuidasi. Anda tidak perlu membayar biaya tanpa auto-deleverage dan bebas dari kerugian akibat auto-deleverage saat bot berjalan.
  • “Mode agresif” memiliki pengaturan yang lebih beragam: Dalam “Mode agresif”, Anda dapat memilih altcoin untuk arbitrase sementara Anda hanya dapat memilih ETH untuk arbitrase dalam “Mode moderat”. Selain itu, “Mode agresif” mendukung banyak kustomisasi, termasuk kontrol gap harga dan pengaturan leverage.

FAQ

T: Dapatkah saya memulai bot arbitrase hanya dengan 100 USD?
A: Ya, investasi minimum yang diperlukan adalah 100USD. Dan Anda dapat menginvestasikan hingga 150.000 USD di bot ini.

T: Apakah ada bedanya jika saya berinvestasi dengan USDT, USDC, atau BUSD?
A: Tingkat pengembalian total akan sama, tidak peduli Anda berinvestasi dengan koin stabil mana. Satu-satunya perbedaan adalah jika Anda menginvestasikan USDT, keuntungan Anda akan diselesaikan dalam USDT; jika Anda berinvestasi BUSD, keuntungan Anda akan diselesaikan dalam BUSD, dll.

T: Bisakah saya melepaskan keuntungan?
A: Tidak, semua keuntungan arbitrase akan diselesaikan secara otomatis dan digunakan untuk menambah posisi short untuk membantu Anda mendapatkan tingkat bunga majemuk. “Tarik investasi” jika Anda membutuhkan dana.

T: Saya membuka bot arbitrase ETH/USDT dalam “mode Moderat” dan “mode Agresif” dan saya menemukan bahwa “Tingkat pendanaan berikutnya” berbeda untuk kedua mode ini, mengapa?
A: Karena kedua mode mengadopsi strategi arbitrase yang berbeda, mereka mempertahankan posisi short mereka dengan jenis futures yang berbeda.

T: Apa yang harus saya lakukan jika saya menemukan tingkat pendanaan berikutnya negatif?
A: Akan lebih baik untuk menjaga bot tetap berjalan ketika tingkat pendanaan -0,2%. Jika tingkat pendanaan <-0,2% dan mendekati waktu penyelesaian, akan lebih baik untuk menutup bot.
Dalam kebanyakan kasus, tingkat pendanaan negatif akan berubah menjadi positif ketika diselesaikan. Selain itu, jika kita juga mempertimbangkan biaya pembukaan dan penutupan, akan lebih baik untuk mempertahankan posisi ketika hanya ada pembayaran biaya pendanaan negatif yang kecil.

get free trading bots now

Leave a Reply